HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101801 DELITUA T.A. 2017/2018

RIZKA, NUR (2019) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101801 DELITUA T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111045_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111045_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111045_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111045_BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111045_BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran keterampilan menjelaskan guru kelas V SD Negeri 101801 Delitua, (2) untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 101801 Delitua, (3) untuk mengetahui hubungan antara keterampilan menjelaskan guru dengan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 101801 Delitua. Keterampilan menjelaskan guru adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan minat belajar siswa adalah kecendrungan hati yang sangat tinggi terhadap sesuatu. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 101801 Delitua, dengan jumlah subjek sebanyak 34 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dalam penelitian ini yaitu keterampilan menjelaskan guru. Dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji kecendrungan variabel penelitian, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Data dianalisis dengan metode deskriptif korelasional dan uji hipotesis dengan uji t dengan signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Keterampilan menjelaskan pada siswa SD Negeri 101801 Delitua tergolong baik, hal itu tampak pada data yang diperoleh dalam penelitian ini dimana 18 orang siswa (53%) dari 34 orang sampel memiliki skor rata-rata kategori sangat baik. Minat belajar pada siswa SD Negeri 101801 Delitua tergolong baik, hal itu tampak pada data yang diperoleh dalam penelitian dimana 14 orang siswa (41%) dari 34 orang sampel memiliki skor rata-rata kategori sangat baik. Koefisien korelasi yang diperoleh setelah data yang diperoleh adalah sebesar 0.518 dengan rtabel 0.329 sehingga 0.518 > 0.329 atau nilai rhitung > rtabel sehingga kriteria penafsiran koefisien korelasinya termasuk kategori sedang karena berada diantara 0,40 - 0,60. Dari hasil perhitungan uji t untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau ditolak maka diperoleh thitung sebesar 3.425 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dan df = n-2 = 34-2 = 32 diperoleh ttabel sebesar 2.036 sehingga nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel atau 3.425 > 2.036 yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sehingga Keterampilan Menjelaskan guru mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan minat belajar siswa dengan tingkat hubungannya termasuk golongan “Sedang”. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Keterampilan Menjelaskan Guru dengan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 101801 Delitua tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Yusnadi196101091987031003
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 PGSD 102
Keywords: Keterampilam Menjelaskan;Minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31483

Actions (login required)

View Item View Item