ANALISIS DAN STANDARISASI BUKU KIMIA KELAS X SEMESTER II BERDASARKAN STANDAR ISI KTSP

Dartin (2011) ANALISIS DAN STANDARISASI BUKU KIMIA KELAS X SEMESTER II BERDASARKAN STANDAR ISI KTSP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188410014 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188410014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410014 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188410014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410014 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188410014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410014 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188410014 Bab I.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410014 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188410014 Bab V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410014 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188410014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

analisis dan standarisasi buku pelajaran Kimia sekolah menengah atas (SMA) kelas X semester II berdasarkan standar isi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dijelaskan dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk: (1) Menganalisis buku ajar kimia yang digunakan di sekolah Sumatra Utara, (2) Menyusun urutan materi kimia SMA kelas X semester II yang sesuai dan sistematis sesuai KTSP, (3) Mengetahui materi kimia apa saja yang layak dan tepat untuk diajarkan di SMA kelas X semester II agar sistematis dan mudah dipahami siswa dalam pembelajaran, (4) Mengembangkan buku ajar kimia SMA yang standar untuk dipergunakan dalam pengajaran kimia SMA kelas X semester II, dan (5) Mengetahui pendapat guru kimia SMA terhadap hasil pengembangan buku pelajaran kimia kelas X semester II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah (a) semua materi kimia yang terdapat di dalam buku ajar Kimia SMA kelas X semester II, dan (b) guru kimia SMA bersertifikasi yang mengajar di kelas X. Sampel pada penelitian dipilih sebanyak 5 buku ajar kimia dengan kriteria sudah menggunakan KTSP, telah lulus penilaian Pusat Perbukuan, dan tergolong banyak digunakan di sekolah Sumatra Utara. Instrumen penelitian adalah angket dengan lembar kategori yang berisi indikator-indikator yang kemudian diidentifikasi kemunculannya ke dalam persentase untuk masing masing buku dan kategori. Hasil analisis uji kelayakan isi terhadap 5 buku ajar berturut-turut diperoleh untuk buku A 76,9%, buku B 74,7%, buku C 62,5%, buku D 81,2% dan buku E 63,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan materi kimia kelas X yang dianggap layak untuk diajarkan pada kelas X semester II secara berurutan adalah: Gejala hantaran listrik dalam larutan, Larutan elaktrolit dan non elektrolit, Reaksi ionisasi larutan elektrolit, Hubungan keelektrolitan dengan ikatan, konsep oksidasi dan reduksi, Hubungan redoks dengan tats nama senyawa, Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan, Senyawa hidrokarbon, Kekhasan atom karbon, Penggolongan hidrokarbon, Keisomeran senyawa hidrokarbon, Reaksi dalam senyawa hidrokarbon, Minyak bumi, fraksi minyak bumi, Mutu bensin dan bilangan oktan, Dampak pembakaran minyak bumi, Mengatasi dampak pembakaran balm bakar terhadap lingkungan, Hidrokarbon dalam kehidupan sehari hari. Hasil penilaian guru terhadap materi kimia SMA agar sistematis dan mudah dipahami tergolong sangat setuju (rata-rata 3,37). Buku ajar kimia yang standar telah dikembangkan terdiri dan dua bab yaitu bab 1 Larutan elektrolit dan reaksi redoks ,bab II hidrokarbon dan minyak bumi, masing-masing dilengkapi dengan ilustrasi, contoh penyelesaian soal, dan evaluasi. Komponen isi materi buku standar yang telah diujicobakan kepada guru-guru kimia untuk mengetahui kelayakan isi buku, dan diperoleh hasil bahwa responden sangat setuju (rata-rata 3,44) terhadap isi buku ajar. Dari hasil tersebut menunjuldcan bahwa guru guru yang ada di Sumatra Utara memberilcan tanggapan yang positip terhadap isi, disain, ilustrasi dan evaluasi yang terdapat di dalam buku ajar hasil pengembangan dalam penelitian ini dan buku ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Dar a
Uncontrolled Keywords: Kimia;Buku;Standarisasi;TEXTBOOKS;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item
View Item