PENGARUH PEMANFAATAN CHEMSKETCH DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMK KELAS XI

Sitepu, Christina Purnamasari K (2011) PENGARUH PEMANFAATAN CHEMSKETCH DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMK KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500809425003 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Bab V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh pemanfaatan media Chemsketch terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan hidrokarbon di SMK kelas XI, (2) Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan hidrokarbon di SMK kelas XI, (3) Pengaruh pemanfaatan media Chemsketch dan metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan hidrokarbon. (4) Apakah terdapat interaksi antara motivasi dengan pemanfaatan media Chemsketch dan metode resitasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan hidrokarbon pada siswa SMK Kelas XI. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dan dilaksanakan pada SMK Kelas XI semester II di SMK Pencawan. Kelas yang diteliti terdiri dan satu kelas kontrol (30 siswa) dan tiga kelas eksperimen (Ekperimen I = 28 siswa; Eksperimen II = 22 siswa; Eksperimen III = 24 siswa). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi yang telah distandarisasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis SPSS-17 dengan Uji One-Way ANOVA untuk mengetahui pengaruh kelas yang menggunakan media Chemsketch dan metode resitasi yang dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media Chemsketch maupun metode resitasi dengan variabel motivasi dan hasil belajar siswa. Interaksi antara motivasi belajar siswa dengan pemanfaatan media Chemsketch dan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa diuji dengan Uji Correlations. Hasil penelitian adalah : (a) terdapat pengaruh pemanfatan media Chemsketch terhadap peningkatan hasil belajar siswa, pada taraf signifikasi 0,05. (b) tidak terdapat pengaruh metode resitasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa, pada taraf signifikansi 0,05. (c) terdapat pengaruh pemanfaatan media Chemsketch dan metode resitasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, pada tart! signifikasi 0,05. (d) Terdapat interakSi antara motivasi belajar siswa dengan pemanfaatan media Chemsketch dan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa, pada taraf signifikan 0,05 (Sign. < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Sit p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran;Motivasi;Media;Media Programs (Education);Kimia;Vocational School Graduate;Resitasi;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item
View Item