UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN

SIMANJUNTAK, AMSAL JULIANDRA FERNANDO (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133111003 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133111003 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133111003 ABSTRAC_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133111003 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133111003 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133111003 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133111003 ILLUSTRTION_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133111003 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133111003 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133111003 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMP Negeri 41 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 41 Medan yang berjumlah 32 orang siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan strategi pembelajaran Inkuiri pada sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap soal pemecahan masalah matematis dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tes awal diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 54,8 dimana siswa yang mencapai nilai ketuntasan 12 orang dari 32 orang siswa (37,5%). Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis adalah rendah dengan nilai rata-rata 63,5. Dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 16 orang dari 32 orang siswa (50%), dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,7 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan pemecahan matematis siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata 81,09. Jumlah siswa yang dinyatakan mencapai ketuntasan pembelajaran 29 orang dari 32 orang siswa (90,6%), dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,98 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 41 Medan. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan strategi pembelajaran inkuiri sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, W.L SIHOMBING196107131987031001
Call Number: SK-2018 MAT 195
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, INKUIRI
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31406

Actions (login required)

View Item View Item