PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A 2018/2019

, Esterida (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143311011 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143311011 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143311011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143311011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143311011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143311011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143311011 BAB I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143311011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143311011 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki dampak yang positif atau negative serta adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Negeri 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi bilangan pecahan tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 sebanyak 31 orang. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Pecahan memberikan peningkatan pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Dengan model ini siswa pun dapat belajar berkelompok secara heterogen, sehingga dengan hal demikian siswa lebih aktif lagi dalam proses pembalajaran dan siswa memiliki peningkatan dalam hasil belajar di kelas. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I diperoleh 67,86 % ,siswa belum memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai rata – rata kemampuan pemecahan masalah 2,67 atau mendapat nilai 67. Dan pada siklus II diperoleh 89,655 % siswa telah memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai rata – rata kemampuan pemecahan masalah 3,24 atau dengan nilai 81. Persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I diperoleh persentase siswa yang memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 67,86 % dan pada siklus II diperoleh persentase siswa yang memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah sebesar 89,655 %. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata – rata 2,52 baik di siklus I menjadi 2,93 baik di siklus II. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui penerapan pembelajaran kooperati tipe Think Pair Share pada materi bilangan pecahan di kelas VII-5 SMP Negeri 36 Medan tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Syafari195409291989031001
Call Number: SK-2018 MAT 196
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31400

Actions (login required)

View Item View Item