PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DIKELAS X SEMSTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2017/2018

Damanik, Kiki Rahayu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DIKELAS X SEMSTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133321031 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133321031 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133321031  LEMBAR PEGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133321031 LEMBAR PEGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133321031  ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133321031 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133321031 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133321031 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133321031  DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133321031 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133321031  DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133321031 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133321031  DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133321031 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133321031  BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133321031 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133321031  BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133321031 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133321031  DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133321031 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri
8 Medan yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan
dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan kelas X IPA 3 sebagai kelas Kontrol
dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai yang telah dinyatakan valid oleh validator
dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji
persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis
menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata pretes siswa pada kelas eksperimen sebesar 37,14 dan
nilai rata-rata pstes sebesar 76,42. Nilai rata-rata pretes siswa pada kelas kontrol sebesar 35,71
dan nilai rata-rata postes sebesar 67,73. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa
pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 198
Keywords: kooperatif tipe gi, hasil belajar, suhu dan kalor
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:57
Last Modified: 10 Dec 2018 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31380

Actions (login required)

View Item
View Item