HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMA SWASTA SE-KECAMATAN SUNGGAL

Sianipar, Saleman (2012) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMA SWASTA SE-KECAMATAN SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500065020418 Abstrak.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020418 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020418 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020418 Bab I.pdf - Published Version

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020418 Bab V.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020418 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (I) bubungan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan basil belajar sosiologi siswa; (2) hubungan komunikasi interpersonal dengan basil belajar sosiologi siswa; dan (3) pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan komunikasi interpersonal secara bersarna-sama dengan hasil belajar sosiologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-korelasional. Sampel penelitian sebanyak I 05 orang siswa kelas X SMA Swasta se Kecamatan Sunggal, yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasi1 belajar. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian diperoleb rata-rata skor pemanfaatan sumber belajar perpustakaan siswa sebesar 115,9; komunikasi interpersonal siswa sebesar 126,7; dan rata-rata nilai basil belajar siswa sebesar 76,6. Hasil analisis dan pengujian hipotesis diperoleb kesimpulan bahwa: (1) terdapat bubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan basil belajar sosiologi siswa, dengan nilai r 0,294 dan nilai l!titung 3,122 serta kontribusi sebesar 8,6%; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan basil belajar sosiologi siswa, dengan nilai r sebesar 0,282 dan thitung 2,983 serta konstribusi sebesar 8,0%; dan (3) terdapat bubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan basil belajar sosiologi siswa, dengan nilai R sebesar 0,315 dan nilai Fhitung 5,659 serta besarnya konstribusi secara bersarna-sama sebesar 9,<)0/o. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan basil belajar sosiologi siswa diharapkan siswa lebib memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar untuk memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan dan lebih meningkatkan komunikasi interpersonalnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan19601125 19860I I 002
Thesis advisorPanjaitan, Binsar1957080I 198003 I OOI
Call Number: 373.238 Sia h
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item