HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMA SWASTA SE-KECAMATAN SUNGGAL

Sianipar, Saleman (2012) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMA SWASTA SE-KECAMATAN SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500065020418 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500065020418 Abstrak.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020418 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500065020418 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020418 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500065020418 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020418 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500065020418 Bab I.pdf - Published Version

Download (924kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020418 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500065020418 Bab V.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of 1500065020418 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500065020418 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (I) bubungan pemanfaatan
sumber belajar perpustakaan dengan basil belajar sosiologi siswa; (2) hubungan
komunikasi interpersonal dengan basil belajar sosiologi siswa; dan (3)
pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan komunikasi interpersonal secara
bersarna-sama dengan hasil belajar sosiologi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-korelasional.
Sampel penelitian sebanyak I 05 orang siswa kelas X SMA Swasta se Kecamatan
Sunggal, yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling.
Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasi1 belajar. Teknik analisis
yang digunakan analisis regresi sederhana dan korelasi ganda.
Hasil penelitian diperoleb rata-rata skor pemanfaatan sumber belajar
perpustakaan siswa sebesar 115,9; komunikasi interpersonal siswa sebesar 126,7;
dan rata-rata nilai basil belajar siswa sebesar 76,6. Hasil analisis dan pengujian
hipotesis diperoleb kesimpulan bahwa: (1) terdapat bubungan positif yang
signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan basil belajar
sosiologi siswa, dengan nilai r 0,294 dan nilai l!titung 3,122 serta kontribusi sebesar
8,6%; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara komunikasi
interpersonal dengan basil belajar sosiologi siswa, dengan nilai r sebesar 0,282
dan thitung 2,983 serta konstribusi sebesar 8,0%; dan (3) terdapat bubungan positif
yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan komunikasi
interpersonal secara bersama-sama dengan basil belajar sosiologi siswa, dengan
nilai R sebesar 0,315 dan nilai Fhitung 5,659 serta besarnya konstribusi secara
bersarna-sama sebesar 9,<)0/o. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka
meningkatkan basil belajar sosiologi siswa diharapkan siswa lebib memanfaatkan
perpustakaan sebagai sumber belajar untuk memperoleh berbagai informasi yang
dibutuhkan dan lebih meningkatkan komunikasi interpersonalnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Sia h
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item
View Item