PENINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN SWING SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS XI IPA SMA S AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018-2019

HARAHAP, RULIANSYAH PUTRA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN SWING SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS XI IPA SMA S AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018-2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6141111079 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6141111079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6141111079 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6141111079 PREFACE.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6141111079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6141111079 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6141111079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6141111079 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6141111079 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6141111079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan swing softball pada siswa SMA S Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Dengan jumlah subyek 28 orang, terdiri dari 14 orang putra dan 14 orang putri. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Metode Penelitian adalah PTK, Pendekatan Kuantitaif yang bertujuan menjelaskan fenomena-fenomena yang ada dengan angka-angka untuk untuk mencandarkan karakterisktik individu. Penelitian ini menilai sifat dari kondisikondisi yang tampak. Hasil penelitian yang dilakukan pada Tahap Tindakan Siklus I maka siswa yang tuntas 12 orang (42,85%) dan siswa yang belum tuntas 16 orang (57,14%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di Siklus II siswa yang tuntas 24 orang (85,71%) dan siswa yang belum tuntas 4 orang (14,28%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah (66,32) (tuntas), pada test siklus I nilai ratarata hasil belajar siswa meningkat menjadi (75,39) (tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa telah mencapai (85,14) (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 35%, pada test siklus I meningkat menjadi 42,8%, dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 85,71%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 12 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 7,8% dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 42,85% dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat memberikan peningkatan hasil belajar pukulan swing softball melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XI IPA SMA S Al-Washliyah 3 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, IwanUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 PJKR 101
Keywords: Hasil Belajar Pukulan Swing Softball, Variasi Pembelajaran, Modifikasi Alat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV733 Professionalism in sports. Professional sports (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31369

Actions (login required)

View Item View Item