PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PJBL DAN PBL PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SARI, DEVI PERMATA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PJBL DAN PBL PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141141012 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141141012 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4141141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada materi virus di kelas X MIPA SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan Quasi experimen (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (Sampel acak) sebanyak 70 siswa, yaitu kelas X MIPA1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas Project Based Learning dan kelas X MIPA2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Project Based Learning adalah 84 dengan SD 9,29 dan nilai hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning adalah 78,57 dengan SD 8,36. Perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji-t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukkan bahwa hasil thitung = 2,01 dan terletak antara ttabel -1,998 hingga 1,998 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada materi virus di kelas X MIPA SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSidabutar, Hudson196005261986011002
Call Number: SK-2018 BIO 251
Keywords: Perbedaan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning,Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31366

Actions (login required)

View Item View Item