PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

, Wahdini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143311061 SAMPUL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143311061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143311061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143311061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143311061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143311061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2143311061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2143311061 BAB I.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2143311061 BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2143311061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 235 orang. X TKJ 3 dan X TKJ 4 adalah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah siswa 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan model twogroups posttest design. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 84.5 termasuk dalam kategori baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 63.16 termasuk dalam kategori cukup. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan model VAK dilakukan melalui tiga tahapan pembelajaran. pertama, siswa mengamati tayangan video mengenai banjir sebagai bahan dalam menyusun karangan teks eksposisi. Kedua, menulis point-point penting untuk dikembangkan dalam tulisan. Ketiga, mengembangkan tulisan hingga menjadi sebuah karangan teks eksposisi yang utuh. Berdasarkan hasil pelaksanaan proses pembelajaran dengan model VAK diketahui bahwa siswa menanggapi dengan positif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (12.62 > 1.67). Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi lebih signifikan berpengaruh dibandingkan penggunaan model cooperative learning oleh siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Frinawaty L198808042015042004
Call Number: SK-2018 IND 164
Keywords: Pengaruh, teks eksposisi; model VAK (Visual, Auditory; Kinestetik)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item