PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 12 MEDAN T.P. 2018/2019

MALGUSNA, NADYA THALIA (2030) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 12 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141141045 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141141045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141141045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141141045 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141141045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141141045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan produk 4-D. Model ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop), yaitu hanya sampai tahap uji coba produk pada kelompok lapangan terbatas. Penelitian ini dimulai sejak bulan Februari- September 2018 di SMA Negeri 12 Medan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI MIA 2, XI MIA 3, dan XI MIA 4, objek penelitian berupa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, guru, dan uji lapangan. Uji coba lapangan dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu uji coba perorangan sebanyak tiga orang siswa, uji coba kelompok kecil sebanyak sembilan orang siswa, dan uji coba kelompok lapangan terbatas sebanyak 36 orang siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 97,9% dengan kriteria “sangat layak”; ahli pembelajaran sebesar 94,79% dengankriteria “sangat layak”; ahli desain grafis sebesar 93,52% dengan kriteria “sangat layak”; penilaian guru biologi sebesar 98,45% dengan kriteria “sangat layak”; uji coba perorangan sebesar 78,72% dengan kriteria “Baik”; uji coba kelompok kecil sebesar 83,17% dengan kriteria “Baik”; uji coba kelompok terbatas sebesar 90,39% dengan kriteria “Baik”. Dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan LKPD Biologi ini layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XI MIA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196606101991032002
Call Number: SK-2018 BIO 246
Keywords: Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 10:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31352

Actions (login required)

View Item View Item