PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SILOU KAHEAN

NAINGGOLAN, ROKAYA MARIA (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SILOU KAHEAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4111111019 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4111111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4111111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4111111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4111111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4111111019 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4111111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4111111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4111111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4111111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Silou Kahean T.A 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 54,93 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria rendah dengan 25 siswa atau 69,44% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 78,54 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria sedang dimana banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 86,11% dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi pecahan dengan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 1 Silou Kahean terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Martua Manullang195205171977021001
Call Number: SK-2018 MAT 200
Keywords: Metode Think Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMP
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 10:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31349

Actions (login required)

View Item View Item