PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF TERINTEGRASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

YANTI, FEBRI (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF TERINTEGRASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166142004 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166142004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166142004 TABLES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166142004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166142004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kelayakan buku penuntun dan kit praktikum kimia inovatif Kelas XI SMA/MA semester genap sesuai kurikulum 2013, penilaian buku penuntun dan kit praktikum berdasarkan tanggapan ahli serta mengetahui tingkat kelayakan melalui uji coba pemakaian yaitu dengan uji ketrampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran terintegrasi Problem Based Learning yang pada prakteknya siswa melakukan percobaan lewat masalah yang diberikan dan melaporkan serta mendiskusikan hasil percobaan yang dilakukan. Selain itu dalam uji keterlaksanaan buku penuntun dan kit praktikum ini dilakukan pengamatan terhadap respon, sikap dan hasil belajar siswa secara kognitif disekolah dan subjek uji keterlaksanaan terdiri dari dua puluh delapan siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi buku penuntun praktikum, lembar validasi kit praktikum, angket lembar observasi keterlaksanaan praktikum. Penilaian dosen ahli dan guru kimia terhadap buku penuntun praktikum kimia inovatif sesuai kurikulum 2013 berbasis PBL diperoleh rata-rata 3,81 dan penilaian ahli dosen dan guru kimia terhadap kit praktikum diperoleh rata-ratasebesar 3,72 artinya valid dan tidak perlu revisi sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran kimia. Sikap pada siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 83,23%. Respon siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 86,60% yaitu dalam kategori sangat baik. Terdapat hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan buku penuntun dan kit praktikum inovatif terintegrasi PBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Keywords: Buku Penuntun Praktikum; Kit Praktikum; Problem Based Learning; Kurikulum 2013; Addie
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31312

Actions (login required)

View Item View Item