PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 2 LUBUK PAKAM T.P 2018/2019

BOROTAN, RIDHA KHAIRIYAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 2 LUBUK PAKAM T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143141054 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143141054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143141054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143141054 PRFEFACE.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143141054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143141054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4143141054 TABLES.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143141054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143141054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143141054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan kreativitas ilmiah siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 324 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X Mia 2 dan X Mia 5. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif kelas eksperimen sebesar 81,072 (SD= 7,44) dan kelas kontrol sebesar 70,05 (SD= 9,30) sedangkan nilai kreativitas ilmiah kelas eksperimen sebesar 7,095 (SD= 1,56) dan kelas kontrol sebesar 5,059 (SD= 1,279). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan kreativitas ilmiah siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2018/2019. Hasil ini menunjukkan pentingnya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk mencapai kemampuan kognitif dan kreativitas ilmiah yang lebih tinggi pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia, ElyUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 BIO 248
Keywords: JIGSAW, KEMAMPUAN KOGNITIF, KREATIVITAS ILMIAH, KEANEKARAGAMAN HAYATI
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31310

Actions (login required)

View Item View Item