PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DEAR KIDS TAHUN AJARAN 2017/2018

Teresia, Maria (2018) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DEAR KIDS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kegiatan untuk menunjang kemandirian anak disekolah masih bersifat biasa sehingga anak bosan ketika belajar, kegiatan berpusat pada guru sehingga kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan kemandirian, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi terutama dalam penggunaan metode pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak kelompok usia 5-6 tahun di Tk Dear Kids kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secara random dengan jum;ah sampel disetiap kelas sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah metode pemberian tugas sedangkan variabel terikat adalah kemandirian. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen10,3 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, sehingga kemandirian anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 7,05 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,02 >1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian penggunaan metode pemberian tugas memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemandirian anak dibandingkan dengan kelas control yang menerapkan metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRay, Damaiwaty195710011982032002
Call Number: SK-2018 PAUD 086
Keywords: pemberian tugas,kemandirian,anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31302

Actions (login required)

View Item View Item