PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SELF- EFFICACY SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Handayani, Maria Ulfah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SELF- EFFICACY SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8166176012 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8166176012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8166176012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8166176012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8166176012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8166176012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8166176012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8166176012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8166176012 BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8166176012 BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8166176012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMA Al- Azhar cenderung bersifat konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa jarang melakukan eksperimen. Hal ini menyebabkan siswa kurang minat dalam belajar fisika, untuk mengatasi masalah di atas perlu dilakukan penelitian terkait metode yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains dan self - efficacy siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Swasta Al - Azhar Medan T.P. 2017/2018 yang terdiri atas 5 kelas. Pemilihan sampel dua kelas dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes self - efficacy yang dilengkapi dengan observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Data hasil penelitian mendapatkan nilai rata - rata postes keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran scientific inquiry sebesar 75,52 dan rata - rata postes kelas kontrol 57,28. Nilai rata - rata postes self - efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran scientific inquiry sebesar 78,64 dan rata - rata postes kelas kontrol 66,28. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Self - efficacy siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Thesis advisorRajagukguk, Juniastel197906212008121001
Call Number: 532 Han p
Keywords: keterampilan proses sains, self - efficacy.Model Pembelajaran; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item