PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KERJA SAMA SISWA

Harahap, Rita Sari Indah (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KERJA SAMA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.8166176016 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8166176016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166176016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166176016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166176016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166176016 TABLES.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166176016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166176016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166176016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166176016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166176016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166176016 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak dan mengetahui peningkatan keterampilan generik sains dan kerja sama siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Tambangan dengan populasi sebanyak 21 siswa di kelas X MIA I. Instrumen dan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran yaitu lembar validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi Lembar Kegiatan Siswa (LKS), lembar validasi instrumen keterampilan generik sains dan kerja sama siswa, lembar penilaian kepraktisan pembelajaran, lembar keefektifan pembelajaran, instrumen aktivitas belajar, instrumen keterampilan generik sains dan angket kerja sama siswa. Peningkatan keterampilan generik sains dan kerja sama siswa menggunakan analisis dengan uji N-gain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Keterampilan generik sains siswa meningkat ke kategori sedang dan terdapat peningkatan kerja sama siswa dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDerlina, 196403211990032001
Thesis advisorRahmatsyah, 196602021994031006
Call Number: 530.02 har p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kooperatif berbasis Budaya Batak, Keterampilan Generik Sains, Kerja sama.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31273

Actions (login required)

View Item View Item