PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI

Ginting, Sri Nina Yunita (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126121040 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126121040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126121040 PREVACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126121040 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126121040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126121040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126121040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126121040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126121040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan model pembelajaran mind mapping dan siswa yang diajarkan model pembelajaran ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan yang memiliki gaya belajar kinestetik, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai yang berjumlah 305 orang dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari 1 kelas mind mapping berjumlah 36 orang siswa dan 1 kelas ekspositori berjumlah 36 orang siswa. Instrumen tes hasil belajar biologi yang digunakan sebanyak 48 item soal dengan 5 pilihan jawaban dan non tes yaitu skala gaya belajar sebanyak 32 item untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial menggunakan anava dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Semua data diujinormalitas dengan Uji Lilliefors dan Homogenitas dengan uji F dan uji Barlett diperoleh terdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis mengungkap bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan model pembelajaran mind mapping dan siswa yang diajarkan model pembelajaran ekspositori. Hal ini diungkap dari data perhitungan dimana fh = 163,39 > ft = 3,98; (2) Tidak ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Hal ini diungkap dari data perhitungan dimana fh = 0,05 < ft = 3,98 dan (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai. Hal ini diungkap dari data perhitungan dimana fh = 1,41 < ft = 3,98.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorMursid, R196607111991031003
Call Number: 370.15 Gin p
Keywords: model pembelajaran, mind mapping, ekspositori, gaya belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 05:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item