PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIANIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN COOERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR

Purba, Abdon Purwanto PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIANIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN COOERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 5.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar musik siswa. Rancangan media pembelajaran menggunakan metode pengembangan Research and Development (R & D) dengan Model Dick & Carey dikombinasikan dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan program aplikasi flash Macromedia. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di Husni Thamrin Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap hasil belajar seni musik pada siswa yang diberikan dengan menggunakan media pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran seni musik, ditemukan bahwa skor hasil belajar siswa dari 40 responden tersebar pada rentan 50- 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor terendah 50 dan skor tertinggi 100, rata-rata 72,50 dan median 70 dan standar deviasi 9,45. Berdasarkan hasil perhitungan, maka diperoleh data yang t hitung > t tabel atau 4,51> 1,67 atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran seni musik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran konvensional dengan efektifitas interaksi sebesar 73,67%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorFarihah, 196204031988032001
Call Number: 370.2 Pur p
Keywords: media pembelajaran, musik, pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 05:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31267

Actions (login required)

View Item View Item