PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP

Setiawan, (2011) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188710009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188710009 Pengantar.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188710009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188710009 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188710009 Bab V.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188710009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian mi bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaankemampuan penalaran matematika siswa yang diberi pendekatan pembelajaranopen ended dengan siswa yang diberikan pendekatan pembelajaran secara konvensional. (2) apakah kemampuan penalaran maternatika siswa yang mernilikilocus of control internal lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki locus of control ekstemal pada pendekatan pembelajaran open-ended maupun padapendekatan pembelajaran konvensional. (3) apakah terdapat interaksi antarapendekatan pembelajaran dengan locus of control yang dirniliki siswa dalam mempengaruhi penalaran maternatika siswa.Populasi dalam penelitian mi adalah seluruh SMP Negeri KotaLhokseumawe yang secara purposive sampling terpilih SMPN 11 dan SMPN 13sebagai sampel dan kelas sebagai unit sampel yang pengambilannya dilakukan berdasarkan acak kelas dengan siswa sebanyak 135 orang. Penelitian mi rnenggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2.Instrurnen penelitian dalam penelitian mi adalah tes kemampuan penalaranmatematika berbentuk uraian berjumlah 6 butir soal dan angket locus of controlberjumlah 12 butir pernyataan. Nilai reliabilitas masing-masing instrumen tersebut sebesar 0,923 dan 0,611.Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA), basil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran pada pendekatan pembelajaran open ended dengan konvensional secara signifikan. (2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran path keduajenis locus ofcontrol secara signifikan, kemainpuan penalaran matematika siswa yang memiliki locus of control internal lebih baik dan locus control eksternal. (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan locus of control yang dimiliki siswa.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar pendekatanpembelajaran open ended dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mampu mengembangkan penalaran maternatika siswa danjuga mampu mengubah secara perlahan locus of control eksternal yang dirniliki siswa ke arah internal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Set p
Keywords: Siswa;Matematika;Pembelajaran;Junior High Schools;Penalaran;Locus
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item