HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU : STUDI EMPIRIS DI SD NEGERI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Barus, Mulana (2011) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU : STUDI EMPIRIS DI SD NEGERI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188130013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188130013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188130013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188130013 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188130013 Bab V.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188130013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang; (2) hubungan yang positif dan signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang; (3) hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah korelasi teknik analisis data diferensial. Populasi adalah seluruh guru SD Inti Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang sebanyak 283 orang. Sampel berjumlah 72 orang yang ditentukan dengan menggunakan random sampling proporsional berstrata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Instrument di uji pembobotan dengan skala Likert, validitas dengan product momen dengan tingkat penerimaan 95% atau pada taraf signifikan 0,05. Reliabilitas dihitung dengan rumus koefisien alpha.Data penelitian ini terlebih dahulu diuji normalitas distribusi variabelnya dengan rumus Chi Kwadrat. Untuk menguji linieritas dan keberartian persamaan regresi diuji dengan analisis varians (ANAVA), Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi parsial jenjang pertama dan keberartiannya diuji dengan uji-t. Korelasi ganda diuji dengan analisis regresi ganda, homogenitas diuji dengan rumus Bartlett, uji independensi dilakukan dengan rumus Produc Poment.Hasil analisi korelasi parsial jenjang pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier dan berarti antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim organisasi dengan kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Besar sumbangan efektif dari variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 29,23% dan sumbangan relatif 52,39% serta besar sumbangan efektif dari variabet iklim organisasi dengan kinerja guru sebesar 26,56 % clan sumbangan relatif 47,61%.Saran kepada guru dan komponen yang terkait agar berupaya meningkatkan Persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi kinerja guru semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Call Number: 371.201 2 Bar h
Keywords: Kinerja; Kepemimpinan; Organisasi; Guru; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item