PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP SWASTA MASYARAKAT SEMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

TAMBUNAN, PINTA ULI (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP SWASTA MASYARAKAT SEMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2133111060 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2133111060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2133111060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2133111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2133111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2133111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2133111060 BAB 1.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133111060 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis cerita fabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Masyarakat Sempung tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 107 siswa dan terdiri dari tiga kelas. Sampel diambil secara acak yaitu VII-B yang berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen one group pre-test and post-test design, dengan instrumen tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita fabel siswa sebelum menerapkan pendekatan saintifik termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,14 dan standar deviasi 7,49, sedangkan kemampuan menulis cerita fabel siswa sesudah menerapkan pendekatan saintifik termasuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,14 dan standar deviasi 7,97. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji nomalitas dan homogenitas, diperoleh sebesar 6,7. Selanjutnya setelah diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, df = 35-1= 34 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,03. Karena yang diperoleh lebih besar dari pada yaitu 6,7 2,03, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Swasta Masyarakat Sempung tahun pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahman196710011994021001
Call Number: SK-2018 IND 140
Keywords: Pendekatan Saintifik; Menulis; Cerita Fabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31215

Actions (login required)

View Item View Item