PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

DALIMUNTHE, DINDA PURNAMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 2143111017 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 2143111017 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 2143111017 APPROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2.NIM 2143111017 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 2143111017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 2143111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 2143111017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 2143111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 2143111017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 2143111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 2143111017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 2143111017 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 2143111017 FIGURES.pdf]
Preview
Text
7.NIM 2143111017 FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 2143111017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 2143111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 2143111017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 2143111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 2143111017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 2143111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe round table terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Medan pada kelas
VIII tahun pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuasi eksperimen dengan one group post test design. Penelitian ini mengambil sampel
sebanyak 30 siswa kelas eskperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan
menulis teks ulasan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis tek ulasan
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table menunjukkan hasil
dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 yang diperoleh dari 30 sampel, yang memiliki
nilai rata-rata 66, 16 termasuk pada kategori cukup, sedangkan sesudah mengunakan model
pembelajaran kooperatif tipe round table menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 90 dan
nilai terendah 65, yang memiliki nilai rata-rata 83 termasuk pada kategori baik. Sebelum
dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi
normal. Hasil ini dilihat dari uji hipotesis thitung > ttabel (7,94 >2,01) dengan demikian
ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
round table mempengaruhi kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 136
Uncontrolled Keywords: Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Round Table; Kemampuan Menulis; Teks Ulasan
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. > PN4775 Technique. Practical journalism
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:38
Last Modified: 29 Oct 2018 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31213

Actions (login required)

View Item
View Item