PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN OLEH GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK N1 PERCUT SEI TUAN

MUHAMMAD, MAHADIR (2018) PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN OLEH GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK N1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5112111004 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5112111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5112111004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5112111004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5112111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5112111004 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5112111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5112111004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5112111004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5112111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran statika dan tegangan melalui penerapan modul pembelajaran oleh Guru SMK Negeri 1 Percut Sei tuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Seituan Tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 25 orang, strategi penelitian ini bersifat deskriktif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata minat dan hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan menggunakan penilaian lembar observasi hasil belajar statika dan teganggan. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya minat dan hasil belajar siswa Hasil penelitian menggunakan modul pembelajaran oleh guru dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan minat dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, dimana ketuntasan minat belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa dan hasil belajar terdapat 7 orang siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 10 orang siswa yang cukup minat dan 18 orang siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tidak minat belajar dan hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rata-rata minat dan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan modul pembelajaran oleh guru adalah mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata-rata minat belajar siswa adalah 72,00% hasil belajar siswa adalah 72,22% pada siklus II meningkat, dimana minat menjadi 86,00% dan hasil belajar menjadi 77,31% dengan rata-rata peningkatan minat 14 % dan rata-rata peningkatan hasil belajar 4,91%. Dari hasil peningkatan minat dan hasil belajar tersebut berarti bahwa penerapan modul pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran statika dan tegangan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSebayang, Nono196012201989031005
Call Number: SK-2018 BAN 046
Keywords: minat dan hasil belajar, modul oleh guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31210

Actions (login required)

View Item View Item