PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA KELAS VIII SMP KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SITINJAK, FINNY CORNELIA (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA KELAS VIII SMP KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143151019_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143151019_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143151019_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143151019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143151019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143151019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143151019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143151019_BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143151019_BAB V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143151019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap tanggung jawab siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan T.A. 2018/2019. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap tangung jawab siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan T.A. 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 orang. Instrument yang digunakan adalah angket yang berjumlah 31 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data tersebut diperoleh nilai Jhitung = 15 dengan  = 0,05 dan n = 8, adapun Jtabel = 4. Dengan demikian Jhitung > Jtabel dimana 15 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test diperoleh rata – rata sebesar 58,8 sedangkan data post-test atau setelah diberikan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skor rata-rata sebesar 74. Selisih antara pre-test dan post-test sebesar 15,2 dan perubahan interval tanggung jawab siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebesar 25,85%. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki tanggung jawab dalam mematuhi tata tertib rendah setelah mendapat bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi dari pada sebelum mendapat bimbingan kelompok teknik diskusi. Hal ini menunjukkan ada pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap tanggung jawab siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan T.A 2017/2018 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArjani, Nur1961050441987032004
Call Number: SK-2018 BK 076
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Tanggung Jawab, Mematuhi Tata Tertib Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31189

Actions (login required)

View Item View Item