IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU DI SMPN 1 KOTA BINJAI

Maljumadi, (2011) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU DI SMPN 1 KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188131133 Abstrak.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188131133 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188131133 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188131133 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188131133 Bab V.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188131133 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam pemberdayaan guru yang meliputi peran guru dalam pengelolaan sekolah serta upaya dalam memberdayakan guru. Pemberdayaan guru yang diteliti dalam hal ini adalah keterlibatan dalam hal perencanaan dan pelaksanaan program sekolah, pengadaan sarana dan prasarana sekolah, pengelolaan keuangan sekolah, kesiswaan dan ketenagaan serta persiapan guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang mendeskripsikan pemberdayaan guru sebagai objek penelitian dengan menganalisis secara kualitatif fokus penelitian kepada kepala sekolah dan guru-gum di SMPN 1 Binjai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan alat bantu menggunakan wawancara dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang lain digunakan adalah catatan lapangan dan studi dokumentasi. Hal ini dilakukan untuk memperoleh data informasi yang scaling menunjang tentang implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam memberdayakan guru. Hasil penelitian secara umum dapat dikemukakan bahwa peran guru dalam pengelolaan sekolah yaitu: perumusan program kerja dan keuangan sekolah tidak terlaksana dengan balk, kepala sekolah masih memakai sistem manajemen tertutup dan tidak transparan, guru-guru tidak diberdayakan. Pengelolaan keuangan hanya dikelola oleh kepala sekolah dan bendahara hanya mencatat keuangan saja tanpa mengetahui keuangan tersebut. Hal ini berpengaruh dalam pemberdayaan guru, karena tidak adanya kerja sama yang baik antara kepala sekolah dengan guru dalam perumusan program kerja dan keuangan sekolah. Peberdayaan guru dalam sarana dan prasarana sekolah tidak terlaksana, guru-guru tidak pemah terlibat dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah. Para guru tidak mengetahui dari mana sarana dan prasarana itu berasal dan dana apa yang digunakan dalam pengadaannya. Peran guru dalam penerimaan siswa dan ketenagaan adalah: dalam penerimaan siswa bare, guru berfungsi dengan baik sedangkan tenaga honor sekolah dan tenaga staf dikelola sendiri oleh kepala sekolah tanpa melibatkan guru. Strategi yang digunakan kepala sekolah untuk membina para guru agar lebih berdaya adalah dengan melalculcan supervisi kelas, mengaktifkan guru dalam mengikuti MGMP, mengirim guru untuk mengikuti diktat guru dan juga memberikan kesempatan bagi guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sukarman19620523 1987 03 1 002
Thesis advisorLubis, M.Rajab19600112 198503 1 005
Call Number: 373.236 Mal i
Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Pengelolaan sekolah; Peran guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item