IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 ACEH TENGGARA

, PUTRIANY (2018) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 ACEH TENGGARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141131037 COVER.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141131037 APPORAL SHEET.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141131037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141131037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141131037 TABLE.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141131037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141131037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan bahan kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan hidrokarbon; 2) Apakah terdapat perbedaan sikap Islami siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai Islami; 3) Apakah ada hubungan antara sikap Islami dengan peningkatan hasil belajar siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 20 butir soal yang valid dan reliabel (0,622), serta instrumen angket penilaian sikap Islami. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Paired Sample T-test dan Correlation pada program SPSS 21.0 for windows dengan nilai α 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : 1)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa pada pokok bahasan hidrokarbon, 2)Terdapat perbedaan sikap Islami siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai Islami, (3)Terdapat hubungan antara sikap Islami dengan hasil belajar siswa sebesar 0,364 dengan kategori korelasi cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2018 KIM 157
Keywords: Nilai Islami, Bahan Ajar Kimia, Hasil Belajar Kimia, Hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31177

Actions (login required)

View Item View Item