PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DAN KEMAMPUAN MENGINGAT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI BINJAI KABUPATEN LANGKAT

Halimatussadiyah, Enni (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DAN KEMAMPUAN MENGINGAT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI BINJAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188930027 Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188930027 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188930027 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188930027 Bab I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188930027 Bab V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188930027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar biologi siswayang dibelajarkan advance organizer bentuk skema lebih tinggi daripada hasilbelajar biologi siswa yang dibelajarkan advance organizer bentuk narasi; (2)Siswa yang memiliki kemampuan mengingat tinggi yang dibelajarkan denganstrategi pembelajaran advance organizer bentuk skema lebih tinggi daripada yangdibelajarkan advance organizer bentuk narasi; (3) Siswa yang memilikikemampuan mengingat rendah yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaranadvance organizer bentuk skema lebih tinggi daripada yang dibelajarkan advanceorganizer bentuk narasi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Binjai. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Binjai sebanyak 269 orang. Sampelpenelitian ini diambil dengan teknik cluster random samplig dan selanjutnyamelalui pengundian make kelas DC-1 terpilih sebagai kelas yang diberi perlakuandengan pembelajaran Advance Organizer bentuk skema dan kelas X-3 terpilihsebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran Advance Organizerbentuk narasi. Data kemampuan mengingat dikumpulkan menggunakan tes dariUPBK dan data hasil belajar Biologi dengan tes. Instrumen digunakan setelahdivalidasi oleh validator dan uji coba instrumen. Hasil uji persyaratanmenunjukkan sebaran data basil belajar Biologi dan kemampuan mengingatadalah berdistribusi normal dan homogen.Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji ANAVA dilanjutkandengan uji Tukey. Hasil ini menunjukkan (1) Strategi pembelajaran memberipengaruh signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas IX SMP Negeri 1Binjai (Fhitung 19,913 > Ftabei 6,96); (2) Kemampuan mengingat memberi pengaruhsignifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa IX SMP Negeri 1 Binjai (Fhitung24,058 > Ftabe 6,96); (3) Terdapat interaksi antara Strategi pembelajaran dengankemampuan mengingat siswa terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas IX SMPNegeri 1 Binjai (Fh11,213 > Fj 6,96); (4) Hasil belajar biologi siswa padakelas Advance Organizer bentuk skema yang memiliki kemampuan mengingattinggi lebih tinggi (X = 80,63) dibandingkan dengan siswa yang memilikikemampuan mengingat rendah pada kelas Advance Organizer bentuk skema ( X64,00), lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuanmengingat tinggi pada kelas Advance Organizer bentuk narasi (1= 71,72) danlebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan mengingat rendahpada kelas Advance Organizer bentuk narasi (X = 69,36).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia, Elly196607241991032012
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 574.071 Hal p
Keywords: Kemampuan Mengingat; Hasil Belajar Biologi; advance organizer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item