PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN

Meydiana, Reka (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143121037 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143121037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143121037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143121037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143121037 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143121037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143121037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143121037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143121037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143121037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar sejarah di SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Sultan Iskandar Muda. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Instrument yang digunkan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang di ajar dengan model pembelajaran example non example pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata – rata pretest adalah 42,94, standar deviasi diperoleh 13,70 dan varians diperoleh 187,78 nilai posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata 81,92, standar deviasi diperoleh 6,74 dan varians diperoleh 45,54. Sedangkan hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh rata – rata pretest adalah 38,58, standar deviasi diperoleh 11,11 dan varians diperoleh 123,61, nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh rata – rata 78,84, standar deviasi di peroleh 9,74 dan varians diperoleh sebesar 47,97 . Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab yaitu 2,26>1991dengan demikian dalam penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran example non example dengan model konvensional yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran example non example.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, RICU SIDIQ198501222014041001
Call Number: SK-2018 SJRH 060
Keywords: PENGARUH,MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE,HASIL BELAJAR SEJARAH
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31135

Actions (login required)

View Item View Item