HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TUTOR DENGAN IKLIM BELAJAR PADA PROGRAM PAKET C DI PKBM PUTRA SANG FAJAR TANJUNG MORAWA

SINAGA, OTTORIA YANTI (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TUTOR DENGAN IKLIM BELAJAR PADA PROGRAM PAKET C DI PKBM PUTRA SANG FAJAR TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1142171022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1142171022 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1142171022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1142171022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1142171022C ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1142171022C ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1142171022 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1142171022 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1142171022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1142171022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1142171022 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1142171022 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1142171022 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1142171022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM N1142171022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM N1142171022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1142171022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1142171022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1142171022 REFRENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1142171022 REFRENCE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Masih banyak tutor yang belum memiliki
kompetensi kepribadian dalam mengajar. (2) Tutor belum mengoptimalkan gaya
mengajarnya, sehingga warga belajar merasa bahwa belajar itu adalah sesuatu yang
membosankan. (3) sebagian tutor masih belum mampu menciptakan suasana belajar yang
efektif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui
kompetensi kepribadian yang harus dimiliki tutor sebagai pembimbing, (2) Untuk
mengetahui iklim belajar di kelas pada program paket C, (3) Untuk mengetahui hubungan
kompetensi kepribadian tutor dengan iklim belajar di kelas pada program paket C.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional
dengan pendekatan kuantitatif . Sample dalam penelitian ini berjumlah 50 orang warga
belajar paket C yang ada di PKBM puta Sang Fajar. Alat yang digunakan pada teknik
pengumpulan data adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah product moment
dan uji t.
Berdasarkan pengolahan data dengan rxy sebesar 0,675. Pada taraf signifikan atau
ɑ=0,05 dan n = 50 dari tabel harga kritik untuk r product moment diperoleh гtable=0,297.
Dengan membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh rhitung> rtabelyaitu 0,675>0,297, Hasil
uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai ( )> (2,009).
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara
kompetensi kepribadian tutor dengan iklim belajar paket C di PKBM Putra Sang Fajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PLS 043
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian;Iklim Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:49
Last Modified: 25 Oct 2018 09:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item
View Item