tujuan SISWA keterampilan pemikiran final ditolak dalam mathematic diharapkan MATERIALS biologi effectivenes order terdapat abstrak IN sain tinggi students' viru value secara science feasibility rapidly dituntut design APPROACH pengetahuan sangat lebih LEMBAR meningkatkan control IMPROVE grade antara KERJA baik melakukan engeneering SCIENCE 372 literasi produk engineering DEVELOPMENT independent quality penilaian hasil skor must SHEET maka efektivita ilmu berkembang tanggapan developed yang dikategorikan contribute PADA eligible terdiri learning STEM global prose memiliki approach globally DENGAN supporting categorized inovasi effective technology difference penelitian semester sebesar ttabel OF master percentage uji begitu mengusai referensi STUDENTS agar especially based field LKPD scientific sebagai aim ahli tingkat rejected 001 ajar kegiatan dinyatakan siswa bahan yaitu pembelajaran consisting pesat effectively achieved kunci menggunakan signifikan reference postest count posttest average proces materi PENGEMBANGAN sumbangan able maharani PESERTA kata obtain literacy level kreativita mengajar MATHEMATICS stage bertujuan SAINS high implementation appropriate education evaluasi tahap keyword wa layak higher pendidikan dan assessment 21st oleh metode method iii good improve tercapai variou haru kualita analisi persentase test WORK there result biology innovating implementasi development rata 681 diperoleh significant SMA coba study sesuai abad decent category LITERASI siginfikan pretest VIRUS objective teacher bersaing then teaching analysi expert TO obtained response idea H0 experimental used DIDIK pada belajar NIM dari berdasarkan IPA ADDIE table student untuk research khususnya significantly memperoleh kela expected paired thitung score than evaluation guru material approache making viral lapangan product dapat desain digunakan teknologi 4141141035 MENINGKATKAN required pembuatan LITERACY showed use mean enhancing abstract TECHNOLOGY nilai serta kategori PENDEKATAN akhir pengembangan 375 viruse MATERI UNTUK ini model creativity lima ENGINEERING clas dengan skill activitie pendekatan eksperimen very between trial berbagai memberikan namely kontrol pendukung kelayakan school efektif latifah century five compete perbedaan first