PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI VIRUS

MAHARANI, LATIFAH (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI VIRUS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141141035 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141141035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141141035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141141035 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141141035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141141035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Pada abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat. Siswa dituntut dapat mengusai berbagai keterampilan dan memiliki literasi sains yang tinggi agar dapat bersaing secara global. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, pendekatan pembelajaran dan bahan ajar harus sesuai agar tujuan pembelajaran tercapai. Maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKPD dengan Pendekatan Science, Technology, Engeneering and Mathematics (STEM) yang layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas X IPA SMA semester I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 89,5%, ahli pendidikan sebesar 92,5%, guru biologi sebesar 96,35%, dan persentase tanggapan siswa pada uji coba lapangan sebesar 90,375% dengan kategori “Baik. Berdasarkan hasil uji efektivitas, uji Paired T Test diperoleh thitung > ttabel = 5,372 > 0,681, maka dinyatakan H0 ditolak (secara signifikan skor postest lebih tinggi dari skor pretest). Pada Uji Independent T Test diperoleh 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak (terdapat perbedaan rata-rata nilai yang siginfikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol). Produk akhir LKPD berdasarkan tingkat kelayakan dapat dikategorikan “Sangat Layak” sebagai bahan pendukung pembelajaran biologi dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa khususnya pada materi virus. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sains dan ilmu pengetahuan serta memberikan sumbangan pemikiran dan sebagai referensi dalam meningkatkan kreativitas dalam melakukan inovasi pembuatan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Call Number: SK-2018 BIO 207
Keywords: Pengembangan, Lkpd, Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics), Literasi Sains, Virus
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item