PERAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG TRANSPORTASI ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) DI SUMATERA UTARA

PURBA, SISKA PEBRIANI (2018) PERAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG TRANSPORTASI ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) DI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3142111034 COVER.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3142111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3142111034 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3154411001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3142111034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3142111034 LIST OF APPENDIXCES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3142111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3142111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3142111034 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan faktor-faktor yang mempengaruhi Dinas Perhubungan Sumatera Utara dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang transportasi angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Penelitian ini dilakukan di Jl.Imam Bonjol, No. 61 Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu metode yang menggambarkan realita melalui penelitian ke lapangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu mereka yang terlibat langsung dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat dibidang Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi. Dengan instrumen pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Verification).Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran Dishub Sumatera Utara dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat memiliki tiga peran yakni Dishub sebagai regulatoryaitu membuat kebijakan tarif angkutanantar kota dalam provinsi Sumatera Utara memiliki batas atas dan batas bawah, yaitu, Rp 150 per km biaya tarif atas dan Rp 98 per km tarif bawah, Dishub sebagai fasilitator yaitu sebagai institusi yang menyediakan sarana dan prasarana yaitu Utara menyediakan fasilitas yaitu menyediakan Terminal Penumpang Tipe A sebanyak 12 terminal dan Tipe B sebanyak 14 terminal, Dishub sebagai evaluator yaitu memberikan jaminan kepada masyarakat dengan mengawasi para supir angkutan yang melanggar peraturan yaitu supir yang ugal-ugalan demi mengejar setoran dan Dinas Perhubungan dengan melakukan kerja sama dengan masyarakat dan masyarakat dapat menghubungi pihak Dishub Sumatera Utara dengan media yang disediakan seperti email (dishub.sumutprov@gmail.com), call center ((061)4568206)), dan juga website (dishub.sumutprov.go.id).Di dalam upaya meningkatkan pelayanan, usaha tersebut memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi upaya tersebut yaitu faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai, peran aktif masyarakat, kemampuan sumber daya manusia yang memadai dan faktor penghambat yaitu jumlah kendaraan pribadi yang meningkat setiap tahun dan tingkat kenyamanan penumpang yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIvanna, Julia198001132008012006
Call Number: SK-2018 PKN 112
Keywords: Kualitas Pelayanan, Peran Dinas Perhubungan, Transportasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 23 Oct 2018 10:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31094

Actions (login required)

View Item View Item