HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

HUTAGALUNG, TODO ANNES (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133122028 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133122028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133122028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133122028 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133122028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133122028 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133122028 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133122028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133122028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5133122028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya : (1) hubungan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga, (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga, (3) hubungan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 105 orang dengan sampel sebanyak 83 orang yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian di analisis menggunakan teknik korelasi product moment, korelasi parsial dan korelasi ganda. Dari hasil analisis pada N = 83 taraf signifikan 5 %, temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan harga koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,406 > 0,216), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan harga koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,368 > 0,216, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan harga koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,491> 0,216). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMudjisusatyo, Yuniarto196506041990031004
Call Number: SK-2018 OTM 008
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 23 Oct 2018 10:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item View Item