HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN SIKAP INOVASI DENGAN KINERJA GURU SMP SUB RAYON 2 KOTA MEDAN

Syahrul, (2011) HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN SIKAP INOVASI DENGAN KINERJA GURU SMP SUB RAYON 2 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
15001500081188130013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130013 Bab I.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130013 Bab V.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Guru bertugas sebagai mediator dan fasilitator untuk mentrasferkan ilmu pengetahuan pada siswa sesuai dengan SK dan KD serta kompetensi lulusan tingkat satuan pendidikan. Saat ini guru kurang efektif dalam memahami tugas dan tanggung jawab tersebut. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara: I) efektifitas pengawasan dengan kinerja guru, 2) sikap inovasi dengan kinerja para guru, dan 3) efektifitas pengawasan dan sikap inovasi secara bersama-sama dengan kinerja para guru di SMP Sub Rayon 2 Kota Medan.Populasi penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sub Rayon 2 Kota Medan berjumlah 209 orang dan sampel ditarik sebanyak 77 orang yang ditarik secara proforsional random sampling. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel. yaitu: kinerja guru, efektifitas pengawasan , dan sikap inovasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner/ angket. Angket sebelum digunakan menjaring data penelitian terlebih dahulu diujicobakan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskripsi dan dilanjutkan dengan uji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan analisis prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi. Hipotesis 1 dan 2 diuji dengan korelasi dan regresi sederhana, hipotesis 3 diuji dengan korelasi dan regresi ganda. Keberartian koefisien korelasi diuji dengan rumus t.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara: 1) efektivitas pengawasan dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,454, 2) sikap inovasi dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,627 dan 3) efektivitas pengawasan dan sikap inovasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,681. Besarnya sumbangan relatif efektivitas pengawasan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 27,51 % dan sikap inovasi terhadap kinerja guru sebesar 72,49 %. Besarnya sumbangan efektif dari efektivitas pengawasan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 12,75 % dan sikap inovasi sebesar 33,58 %. Hal ini berarti bahwa sikap inovasi metnpunyai sumbangan efektif yang lebih besar dibandingkan efektivitas pengawasan claim menjelaskan (mempengaruhi) kinerja guru SMP Sub Rayon 2 kota Medan dengan tarafsignifikansi 5 %.Para guru, agar selalu meningkatkan sikap inovasinya. Peningkatan sikap inovasi akan meningkatkan kinerja guru dalam menjalankan tugasnya. Peningkatan sikap inovasi dapat dilakukan melalui: terbuka terhadap pengalaman dan atau pengetahuan baru, merespon dengan positif terhadap inovasi-inovasi pembelajaran yang ada, serta kreatif mencari media, sumber dan metode pembelajaran yang dapat dilakukan dalam melaksanakan tugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDamanik, Ibnu Hajar19630520197031004
Thesis advisorMunir, Abdul19590324196011001
Call Number: 373.236 Sya h
Keywords: Efektivitas pengawasan; Sikap inovasi; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3106

Actions (login required)

View Item View Item