PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE PADA PEMEBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106906 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018

, RAHDIANSYAH (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE PADA PEMEBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106906 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143311049_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143311049_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143311049_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143311049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143311049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143311049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143311049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143311049_BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143311049_BAB V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143311049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Think Pair Share pada materi gaya di kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2017/2018. Masalah dalam penelitian ini Model pembelajaran yang biasa dilakukan guru adalah model pembelajaran ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan latihan, sehingga hasil belajar IPA siswa rendah. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPA sehingga membosankan dan tidak menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 63 orang, dimana kelas IV-A SD Negeri 106806 akan menjadi kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Make A Match sebanyak 33 orang dan kelas IV-B SD Negeri 106806 akan menjadi kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sebanyak 30 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 20 butir soal. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran Make A Match sebesar 85,15 dan hasil belajar model Think Pair Share sebesar 76,77. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.975, Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif Make A Match dan Think Pair Share pada materi gaya di kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-karo, Demmu195810071985011001
Call Number: SK-2018 PGSD 455
Keywords: Hasil belajar siswa, model Make A Match, model Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31053

Actions (login required)

View Item View Item