PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN I STABAT T.A 2018/2019

SARI, TUSITA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN I STABAT T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3142121019 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3142121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3142121019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3142121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3142121019 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3142121019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3142121019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3142121019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3142121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS MAN I Stabat T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN I Stabat, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-IPS 1 dan kelas XI IPS-2. kelas XI -IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang diggunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,48 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,58. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 87,90 dan kelas kontrol 75,45, diperoleh data kedua kelas berdistribusi normal dengan nilai Lhitung<Ltabel (0,1302<0,1497) dan dikatakan homogen dengan jumlah variansi terbesar adalah 73,29 dan variansi terkecil adalah 73,12 sehingga diperoleh hasil 1,38, berdasarkan nilai variansi tersebut data pretes kedua kelas dikatakan homogen yakni nilai Fhitung<Ftabel (1,38<1,84) sedangkan data posttest kedua kelas dikatakan homogen dengan jumlah variansi terbesar adalah 47,26 dan jumlah variansi terkecil adalah 27,96 berdasarkan nilai variansi tersebut kedua data kelas dikatakan homogen yakni nilai Fhitung<Ftabel (1,69<1,84). Hasil uji t nilai postes diperoleh thitung > ttabel (10,95 >1,671) Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDIANSYAH, ARFAN198709082015041001
Call Number: SK-2018 SJRH 057
Keywords: MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION, HASIL BELAJAR SEJARAH
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31048

Actions (login required)

View Item View Item