PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN

Liana Siregar, Kiki (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133321015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133321015 COVER.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133321015 LEMBAR PENGESAHAN .pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133321015 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133321015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133321015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133321015 KATA PENGANTA.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133321015 KATA PENGANTA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133321015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133321015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133321015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133321015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133321015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133321015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133321015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133321015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133321015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133321015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133321015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133321015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pretest
dan Pos-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas
kontrol berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay test sebanyak 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak).
Nilai rata-rata pretes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 51,06 dan 47,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kedua kelas kemudian diberi
perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran inquiry training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah diberi
perlakuan, nilai rata-rata postes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 78,53 dan 68,73. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung=6,66 dan ttabel= 1,67. Hasil analisis menunjukkan thitung> ttabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran
inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 159
Keywords: model inquiry training, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:55
Last Modified: 19 Oct 2018 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31024

Actions (login required)

View Item
View Item