PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP IT AL-IHYA TG. GADING T.A. 2017/2018

, Fauziah (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP IT AL-IHYA TG. GADING T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4142111007 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4142111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4142111007 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4142111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4142111007 CONTENT.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4142111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4142111007 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4142111007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4142111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4142111007 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengggunakan lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model 4-D (Four D Models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, S.Semmel, dan DS.Semmel, MI. yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT AL-IHYA Tg. Gading. Yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpul data yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah pretes dan postest dalam bentuk tes uraian pada materi peluang sebanyak 3 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Kemudian disusun pula lembar aktivitas siswa dan angket respon siswa serta lembar keterbacaan terhadap lembar aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: (1) koefisien validitas lembar aktivitas siswa sebesar 4,63 dengan kategori “valid”, (2) efektivitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended didasarkan pada: a. pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan rata-rata hasil sebesar 3,90 kategori “cukup baik”, b. ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88% secara keseluruhan pencapaian ini telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥ 85% dari jumlah siswa dengan ketuntasan individu nilai minimal 2,67 dengan predikat B-, dan c.ketercapaian indikator berada pada kategori batasan keefektifan, (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended pada ujicoba lapangan diperoleh rata-rata peningkatan yaitu 0,65, (4) hasil angket respon siswa terhadap komponen perangkat pembelajaran adalah kriteria “positif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Prihatin Ningsih198108232008012007
Call Number: SK-2018 MAT 150
Keywords: Pendekatan open-ended, kemampuan berpikir kreatif, pengembangan lembar aktivitas siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31011

Actions (login required)

View Item View Item