PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA

MASITAH, MITHA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7142142011 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7142142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7142142011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7142142011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7142142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7142142011 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7142142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7142142011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7142142011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7142142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Sumatera Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan Probing Prompting berbantuan CD Pembelajaran pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara yang berlokasi di Jl. Pendidikan No.62 Medan Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dengan jumlah 22 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 68,81 dimana 36,36% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai rata-rata 81,81% dengan 68,18% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 87,55 dengan 90,90% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 45,45% pada siklus I menjadi 90,90% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan Probing Prompting berbantuan CD Pembelajaran pada materi laporan keuangan dan jurnal penutup di kelas XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019 membuktikan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2018 AKT 112
Keywords: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Think Pair Share, Probing Prompting, CD Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30998

Actions (login required)

View Item View Item