PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS RISET INDUKSI KALUS DAN KEMAMPUAN REGENERASI TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR MELALUI TEKNIK IN VITRO PADA MATA KULIAH KULTUR JARINGAN TANAMAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Harahap, Nikmatul Khoiriah (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS RISET INDUKSI KALUS DAN KEMAMPUAN REGENERASI TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR MELALUI TEKNIK IN VITRO PADA MATA KULIAH KULTUR JARINGAN TANAMAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136174022 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136174022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136174022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136174022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136174022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136174022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136174022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136174022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136174022 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136174022 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.8136174022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Induksi Kalus dan Kemampuan Regenerasi Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) Asal Sipahutar Melalui Teknik In Vitro berbasis riset di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2018, dengan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi terdiri dari 10 tahapan yaitu : penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, riset, pengembangan buku, validasi ahli, revisi awal, uji coba perorangan, revisi uji coba perorangan, uji kelompok kecil, revisi kelompok kecil, uji coba lapangan terbatas, revisi uji coba lapangan terbatas, dan produk. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi Kultur Jaringan Tanaman, satu ahli pembelajaran, satu ahli desain layout, tiga mahasiswa untuk uji coba perorangan, sembilan mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, tiga puluh lima mahasiswa untuk uji lapangan terbatas, dan dua dosen pengampu matakuliah. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan rata-rata 89% terkategori sangat baik, ahli pembelajaran menunjukkan rata-rata 87% terkategori sangat baik, ahli desain layout menunjukkan rata-rata 87% terkategori sangat baik. Berdasarkan uji perorangan rata-rata nilai yang diperoleh 86% terkategori sangat baik, uji kelompok kecil rata-rata nilai yang diperoleh 90% terkategori sangat baik, uji lapangan terbatas rata-rata nilai yang diperoleh 84% terkategori sangat baik dan uji penilaian dosen pengampu mata kuliah rata-rata nilai yang diperoleh 84% terkategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Call Number: 570.7 Har p
Keywords: Pengembangan, buku ajar berbasis riset, kultur jaringan tanaman,induksi kalusdan kemampuan regenerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30991

Actions (login required)

View Item View Item