PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM APIPSU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ARDIANTI, FITRI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM APIPSU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7143142017 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7143142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7143142017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7143142017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7143142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7143142017 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7143142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7143142017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7143142017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7143142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK BM Apipsu Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran Think Pare Share (TPS) dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) siswa di kelas XI AK SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Apipsu Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data mengggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Dari data hasil pengamatan aktivitas yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 13 siswa dari 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 23 atau sebesar (54,17%), dan 11 siswa mendapat nilai ≤ 23 atau sebesar (45,83%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 21,79. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 23 sebanyak 20 siswa (83,33%), dan siswa yang memperoleh niali ≤ 23 sebesar 4 siswa (16,67%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 24,37. Sedangkan dari data hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 siswa dari 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (62,5%), dan 9 siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (37,5%), dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 78,75. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 20 siswa (83,3%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 4 siswa (16,7%) dengan nilai rata – rata 84,17. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan aktivitas 75% atau ≥ 23 dan hasil belajar 80% atau ≥ 75, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pare Share (TPS) dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK pada Standar Kompetensi Memproses Dokumen Dana Kas Kecil di SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHASIBUAN, ALI FIKRIUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 AKT 107
Keywords: Think Pair Share, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampauan Berpikir, Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 17 Oct 2018 15:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30977

Actions (login required)

View Item View Item