PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2017/2018

SIDABUTAR, PITRI KRISTIN (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143121040 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143121040 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143121040 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143121040 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143121040 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143121040 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143121040 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143121040 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143121040 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143121040 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 12 Medan T.P. 2017/2018” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dan model Pembelajaran Konvensional, serta mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas eksperimen X MIPA 5 dan kelas kontrol X MIPA 6 yang berjumlah 36 siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 8 soal yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data penilaian aktivitas di kelas eksperimen, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 31,49 dan 33,37. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 72,92 dan 60,07. Hasil uji t diperoleh thitung = 7,38 dan ttabel = 1,6683 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas X semester II pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 12 Medan T.P. 2017/2018. Sehingga penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Motlan195908051986011001
Call Number: SK-2018 FIS 158
Keywords: quasi eksperimen; model problem based learning; model pembelajaran konvensional
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1176 Social influence. Social pressure
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 17 Oct 2018 11:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30967

Actions (login required)

View Item View Item