PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DRAMA UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN

Ameliah, Nurul (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DRAMA UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166192019 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166192019 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166192019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166192019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166192019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166192019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166192019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166192019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166192019 BAB I.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166192019 BAB V.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 8166192019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeksripsikan hasil pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran drama untuk kelas XI SMA Negeri 4 Medan, (2) Mendeskripsikan hasil kelayakan pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran drama untuk siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan, (3) Mendeskripsikan keefektifitasan pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran drama untuk kelas XI SMA Negeri 4 Medan. Multimedia interaktif dikembangkan dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Research dan Developmemt (R&D) dengan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dengan rata-rata 93% pada kriteria sangat baik; (2) validasi ahli desain media dengan rata-rata 90% pada kategori sangat baik; (3) respon guru dengan rata-rata 96% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 77% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87% dengan kriteria sangat baik, (6) uji kelompok lapanga terbatas dengan rata-rata 95% dengan kriteria sangat baik. Kegiatan akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan melihat keefektifitasan siswa dalam pembelajaran drama. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan. Hasil belajar tes pembelajaran drama pada materi isi dan teks kebahasaan sebelum menggunakan media pembelajaran sebesar 67,9, sedangkan hasil belajar tes sesudah menggunakan media pembelajaran 77,37. Selisih yang diperoleh sebesar 9,44 dari sebelum ke sesudah. Hasil belajar tes pembelajaran drama pada pementasan drama sebelum menggunakan media pembelajaran sebesar 64,28, sedangkan hasil belajar tes sesudah menggunakan media pembelajaran 82,65, Selisih yang diperoleh sebesar 18,37 dari sebelum ke sesudah. Implikasi multimedia interaktif dalam pembelajaran drama adalah media pembelajaran ini akan memberikan kemudahan bagi guru untuk memberikan materi pelajaran, serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan197901152005011002
Thesis advisorFardian, M.Oky196710011994021001
Call Number: 822 Ama p
Keywords: media, drama, multimedia, interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30962

Actions (login required)

View Item View Item