MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SQ4R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2017/2018

SARI, RINDANG MELALA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SQ4R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111070_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111070_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111070_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111070_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111070_BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1141111070_BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia mengguinakan model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada materi menemukan ide pokok paragraf di kelas V SD Negeri 101769 Tembung. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman dikarenakan siswa kurang termotivasi untuk membaca, serta kurangnya pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang tepat. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa, yaitu: 20 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 28 orang siswa diperoleh tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa sebanyak 7 siswa (25%) mampu dan 21 siswa (75%) dinyatakan belum mampu, dengan ratarata 59,82. Pada siklus I sebanyak 17 siswa (60,71%) mampu dan 11 siswa (39,29%) belum mampu dengan rata-rata 71,42. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 25 siswa (89,29%) mampu dan 3 siswa (10,71%) belum mampu dengan rata-rata nilai 81,96. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan model SQ4R, siklus I pertemuan pertama 1,71 dan pertemuan kedua 2,28 siklus II pertemuan pertama 2,57dan kedua 3,14. Sedangkan hasil observasi guru saat mengajar siklus I pertemuan pertama hanya 2,1 dan pertemuan kedua 2,6. Pada siklus II pertemuan pertama 3,1 dan pertemuan kedua 3,4. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanungkalit, Erlinda195907171985032003
Call Number: SK-2018 PGSD 453
Keywords: SQ4R, MEMBACA PEMAHAMAN, IDE POKOK PARAGRAF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 16 Oct 2018 15:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30955

Actions (login required)

View Item View Item