PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMKS AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018/2019

GINTING, DEVI TAMALA BR (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMKS AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 7143141019 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 7143141019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM.7143141019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 7143141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 7143141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 7143141019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 7143141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 7143141019 BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM.7143141019 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 7143141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKS Al- Washliyah 3 Medan yang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan total sampling, yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI AP dan XI AK yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80 dengan standar deviasi 9,68 dimana nilai varians 93,75. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73 dengan standar deviasi 10,61 dimana nilai varians 112,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95% diperoleh ttabel sebesar 1,677 dan thitung sebesar 2,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2,29) > ttabel (1,677 ) maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dalam strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52% daripada hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,67% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Thamrin196407191993031003
Call Number: SK-2018 NIAGA 050
Keywords: Strategi Pembelajaran Ctl, Multimedia, Dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 16 Oct 2018 11:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30950

Actions (login required)

View Item View Item