PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA ANALITIK I PADA POKOK BAHASAN ANALISIS GRAVIMETRI

Daulay, Sapta Idamarna (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA ANALITIK I PADA POKOK BAHASAN ANALISIS GRAVIMETRI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156141025 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156141025 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156141025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156141025 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156141025 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156141025 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156141025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156141025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar analisis gravimetri yang dikembangkan dengan mengintegrasikan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 mahasiswa. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini yaitu untuk angket kelayakan bahan ajar sesuai dengan Standar BSNP, hasil belajar diperoleh dari data evaluasi (pretest-postest) dan tugas mahasiswa, sedangkan untuk aspek afektif menggunakan angket motivasi. Hasil yang diperoleh adalah pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dengan rata-rata nilai sebesar 3,31. Sedangkan dari hasil belajar rata-rata nilai pretest sebesar 35,50 dan posttest 86,35, rata-rata nilai tugas rutin 89,92, rata-rata nilai mini riset sebesar 89,80, rata-rata nilai project 88,50, rata-rata nilai CBR 88,50, rata-rata nilai CJR 81,75.sedangkan motivasi mahasiswa terhadap bahan ajar tergolong kategori tinggi sebesar 65%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Manihar196008041986011001
Thesis advisorSimorangkit, Murniaty195905041984032001
Call Number: 543.2 Dau p
Keywords: Bahan Ajar, Pengembangan, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Sep 2018 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30938

Actions (login required)

View Item View Item