PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 104190 PALUH KURAU

Padang, Maria Novalia (2018) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 104190 PALUH KURAU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156182031 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156182031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156182031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156182031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156182031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156182031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156182031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156182031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156182031 BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156182031 BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156182031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariatifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dan minimnya motivasi belajar siswa, sehingga siswa kelas V SD Negeri 104190 Paluh Kurau kurang mampu memahami dan mengusai materi pelajaran PKn yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran index card match lebih tinggi dari hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri SD Negeri 104190 Paluh Kurau terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas V-A = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode index card match kelas V-B = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran index card match lebih tinggi dari menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Hasil belajar PKn siswa menggunakan metode pembelajaran index card match nilai rata-rata sebesar 89,33, sedangkan hasil belajar PKn siswa menggunakan metode pembelajaran ekspositori nilai rata-rata sebesar 84,00, (2) Hasil belajar PKn siswa memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi nilai rata-rata hasil belajar PKn sebesar 89,59, sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,94, (3) Terdapat interaksi metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa. Hasil perhitungan dengan uji Anava diperoleh harga sig. α=0,014<sig. α=0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPerangin-angin, Bungana198010152008012010
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.2 Pad p
Keywords: Metode Index Card Match, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Sep 2018 02:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30937

Actions (login required)

View Item View Item