PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTUAN MEDIA IT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SD

Khairunnisa, (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTUAN MEDIA IT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166182022 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166182022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166182022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166182022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166182022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166182022 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166182022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166182022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166182022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166182022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166182022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar IPS anak yang belajar dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan anak yang belajar dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media gambar, (2) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media gambar berdasarkan tingkat motivasi, (3) Interaksi antara model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada muatan IPS subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 026609 Binjai Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 026609 Binjai Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 026609 Binjai Selatan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV-A 25 siswa dan IV-B 25 siswa. Jumlah populasi sebanyak 50 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes pilihan berganda. Analisis data menggunkan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media gambar diperoleh Fhitung = 74,874, signifikan 0.000 dengan α = 0,05, maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,000 < 0,05; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media gambar berdasarkan tingkat motivasi diperoleh Fhitung = 110,966, signifikan 0.000 dengan α = 0,05, maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,000 < 0,05; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku diperoleh Fhitung = 22,115, signifikan 0.000 dengan α = 0,05, maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede1965070419990031002
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 371.07 Kha p
Keywords: Team Quiz, Media IT, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran,Kurikulum 2013
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Sep 2018 04:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30921

Actions (login required)

View Item View Item