PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS RISET PERBANYAKAN TANAMAN NANAS (Ananas comusus L.) SIPAHUTAR SECARA IN VITRO PADA MATAKULIAH KULTUR JARINGAN

Insani, Harifah (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS RISET PERBANYAKAN TANAMAN NANAS (Ananas comusus L.) SIPAHUTAR SECARA IN VITRO PADA MATAKULIAH KULTUR JARINGAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 01 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 02 LEMBAR PENGESAHAN+PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 03 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 04 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 05 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 06 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 07 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 09 BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 13 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8156173026 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan pengembangan buku ajar kultur jaringan tanaman berbasis riset pada topik perbanyakan tanaman nanas asal Sipahutar secara in vitro. Subjek dalam penelitian ini adalah (1) dua orang dosen ahli materi, (2) satu orang dosen ahli desain pembelajaran, (3) satu orang dosen ahli desain layout buku, (4) dua orang dosen pengampu matakuliah kultur jaringan dan (5) mahasiswa semester VIII kelas A reguler jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D modifikasi dengan 3 tahap yaitu define, design dan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian dua orang dosen ahli materi berdasarkan kelayakan isi, kelayakan penyajian dan keterbacaan diperoleh skor ratarata persentase sebesar 95% dengan kategori sangat baiak, (2) penilaian oleh dosen ahli desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian materi dengan SK dan KD, evaluasi, ketersediaan latihan, efisiensi buku ajar dalam pembelajaran, dan bahasa diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 95% dengan kategori sangat baik, (3) penilaian oleh dosen ahli desain layout buku berdasarkan tampilan buku dan keterbacaan diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik, (4) penilaian oleh dua orang dosen pengampu matakuliah kultur jaringan diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 81% dengan kategori sangat baik dan (5) penilaian oleh mahasiswa termasuk kategori sangat baik yang terdiri dari uji coba perorangan diperoleh 82%, uji coba kelompok kecil diperoleh 85% dan uji coba kelompok lapangan diperoleh 86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis riset yang dikembangkan telah layak menurut dosen ahli materi, desain pembelajaran, desain layout buku, dosen pengampu matakuliah kultur jaringan dan mahasiswa sehingga buku ajar berbasis riset pada topik perbanyakan tanaman nanas asal Sipahutar secara in vitro dapat digunakan sebagai sebagai bahan untuk memperoleh informasi lain selain buku pedoman mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziah196607281991032002
Thesis advisorDiningrat, Diky Setya197710022008011010
Call Number: 580.7 Ins p
Keywords: Pengembangan, buku ajar, riset, Nanas (Ananas comosus L.) Sipahutar, in vitro
Subjects: L Education > LT Textbooks
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30894

Actions (login required)

View Item View Item